03 Februari 2013

(SEKUEL) Mengejar Abu-Abu - tiga.

(SEKUEL) Mengejar Abu-Abu 
*** Tiga, Pernyataan Abu-abu. *** 

Ify tertegun. Ia linglung. Sama sekali tak mampu menahan derai air mata yang terjatuh. 
Penantiannya tak sia-sia! Mario, membalas perasaannya juga! Setelah tiga tahun menunggu tanpa kepastian. Setelah tiga tahun sama sekali tak di pedulikan. Akhirnya, Rio membalasnya! Rio membuka hatinya untuk ify! 
Ify belum pernah sebahagia ini. Tapi ia sangat sadar kalau ini semua gak mungkin. Rio dan ify adalah dua pribadi yang bertentangan. Rio dan ify yang sekarang bukanlah rio dan ify yang dulu. 
Dulu, ify mati-matian bertahan ketika rio menghindarinya. Sekarang, semuanya berubah 180 derajat. Kini, ify mati-matian menghindari rio, tapi rio tetap kekeuh bertahan. 

-flashback- Rio masih mendekapnya, kali ini makin erat. Sama sekali tidak ada celah untuk ify merenggangkan pelukan rio. 
"Ify, aku mohon. Jangan pergi" 
Setelah mampu menetralkan perasaannya, walaupun tidak benar-benar netral, ify berbisik. "Kak, lepasin saya" 
"Gak ify. Aku gak akan ngelepasin kamu. Aku takut kehilangan kamu dan kembali menyesal. Aku emang terlalu pengecut buat bilang kalau aku juga punya perasaan sama kamu..." Tutur Rio 
"...Saat itu, aku bener-bener udah ngerasa kalau kamu semakin menutup diri dari dunia. Apa itu gara-gara aku yang gak pernah berusaha buat deketin kamu? Aku sendiri gak tau, karena aku sama sekali gak pernah tanya sama kamu..." 
"...Dan untuk itu, aku menyesal. Menyesal terus menerus ngebohongin perasaanku. Menyesal terus pura-pura gak sadar kalau kamu ada. Menyesal karena harus pura-pura ngerelain kamu sama yang lain..." 
"...Kali ini aku akan buat perasaan kamu ke aku balik kaya dulu. Dan aku gak akan main-main, fy. Karena aku udah sama sekali gak bisa mentolelir kebodohanku dengan ngelepasin kamu gitu aja. Tunggu aku, dan kamu akan ada di sisiku. Selamanya" 
Ify menahan napas mendengarkan pengakuan Rio, pemuda yang sejujurnya masih mengisi relung hatinya. Pemuda yang selalu masih ia rindukan. Pemuda yang sampai kapanpun gak akan bisa dia lupakan. 
Tapi, kali ini, dia sama sekali gak bisa menjawab permintaan rio tersebut. Lidahnya terlalu kelu. Badannya juga makin melemas. Dengan kekuatan maksimal, dia melepaskan diri dari rengkuhan rio. Dan ia juga sempat bingung kenapa rio tak mengejarnya, apalagi menahannya. Dengan perasaan kalut, satu yang ia fikirkan saat itu adalah bagaimana caranya pergi darisana secepatnya. 

-flashback off- 

"hah? serius fy?" shilla terpekik di ujung telfon 
"kamu aku tinggal gak sampe sebulan udah jadi budek ya?" 
shilla terkekeh. "ya maaf, aku shock sih. tapi beneran ya? ya ampun fy aku gak nyangka! itu kan mimpi kamu dari dulu. dan sekarang jadi kenyataan! kamu gak bakal nglakuin hal bodoh dan jadi amnesia dengan gak inget siapa Kak Rio. wah aku bakal nyesel jadi sahabat kamu yang udah rela relain denger curhatan kamu san mau nampung ribuam debit air mata mu bertahun tahun demi pangeran es kaya kak Rio" 
"jadi kamu gak ikhlas nih jadi sahabatku?" 
"ikhlaa kok fy. tapi biaa berubah jadi gak ikhlas kalo kamu sampe nyia nyiain kesempatan emas ini" 
"kalau aku bikanh aku masih nyembuhin luka dihatiku, gimana shill? aku belum siap, kalau kak rio mulai ngisi kekosonganku, toh luka dihatiku belum sembuh, belum kering. belum siap nampung kak Rio. dan belum pasti juga kalau kedepannya dia bakal bahagiain aku kan? bisa aja dia balik nyakitin aku" 
"hush ah kamu itu udah dapet free pass masuk kedalam kehidupan pangeran esmu. kok malah ngomong gini" 
"abis rasanya kaya dejavu sih shill. dia balik cuek lagi ke aku. dikampus kaya gakenal dan gak liat aku. dia pasti gak bener bener tentang malem itu. dia pasti lagi mabok waktu itu jadi ngomongnya ngelantur" 
"kamu aneh ah fu. sukanya suudzon aja. kalau kak rio emang bilang kamu buat nunggu ya udah kamu tunggu aja aja. mungkim kak Rio punya cara lain buat bikin perasaanmu bener bener balik sepenuhnya ke dia." 
"ya mungkin aja. kita liat nanti , dia bener bener mabok ato gak malem itu" 
shilla terkekeh. "semangat fy! cayooooo. aku selalu ada untuk muuuu" 
"lebay kamu shill" 
"shill ayo kita masih ada kelas kan?" suara cowok terdengar di ujung telfon 
"oh oke ray, bentar ya nanti aku nyusul. " shilla berdecak. "emmm fy.. kak iel.." 
"dia baik kok shill. kalo itu yg mau kamu tanyain . bukannya kamu tiap hari juga smsan sama kak iel?" 
"iyasih fy tapi aku cuma pengen denger bukti nyata kalo kak iel bener bener baik baik aja. yaudah ya fy aku tutup telfonnya." 
"iya shill. baek baek ya" 

$$$$ 


from : 085xxxxxxx gue akan ngerebut seseorang yang emang pantes gue rebut. tunggu aja. jangan harap lo biaa ngerebut milik gue. 

gabriel menyerngit. siapa orang yang kurang kerjaan sms dia kaya gini? dan apa maksud smsnya itu? tiba tiba perasaan aneh menyergap fikiran gabriel. tiba tiba ia teringat dengan ify. ia merasa cepat atau lambat ia akan kehilangan adik kesayangannya. 

"fy!" panggil gabriel setelah melihat batang hidung ify menyembul dari dalam ruang band 
"eh kak iel. ada apa?" 
"gapapa. kakak cuma mastiin kamu gapapa. kakak mau kasih tau, kalau da yang yang gangguin kamu, kamu lapor aja sama kakak ya. kakak gak mau kamu kenapa napa. pokoknya kamu harus selalu lapor kalau ada orang asing yang gangguin kamu. oke? yaudah kakak jalan dulu ya fy. take care!" 

ify terbengong ngeliat gabriel yang aneh. bicara tanpa titik koma. 
sivia menyikut lengan ify. "duileh yang disukain sama senior . mana cakep banget lagi . gue iri sama loe fy" 
"disukain? ngaco kamu siv. dia tuh kakak kelasku dari SMA sekaligus gebetan sahabatku. mana mungkin di suka sama aku?" 
"loe gak peka banget suh fy. makanya kalau cowok ngomong , loe liat matanya. gak bisaa boong. gue yakin seratus persen kalo tuh cowok punya perasaan sama loe. keliatan dari caranya ngeliat loe. nada bicaranya. loe bener bener gak peka deh fy" 
gak peka? batin ify bertanya tanya. nih cewek kalo ngomong suka gak kira kira. gabriel kan udah anggep ify kaya adek kandungnya sendiri. begitu juga ify. jadi, apa yang maksud sivia 'gak peka' itu? 

$$$ 

agni menyedot jus jambunya hingga tetes terakhir(?) hampir setengah jam agni menunggu. tanda tanda orang itu akan datanh sama sekali nihil. ia mendengus, menghela napas berat, entah untuk yg keberPa kalinya. 

"hai agni sorry ya nunggu lama. aku tadi ada kelas, mana dosennya galak lagi" 
agni mendongak, seketika moodnya langsung kembali. terganti oleh rasa rindu yang meluap luap melihat sosok yanh telah mengisi kehidupannya selama hampir tujuh taun. 
"IFY!!" pekik agni senang lalu memeluk ify 
"Agni! Makin chubby aja sih" 
"Lah, loe tuh yang makin kurus? Gak pernah makan ya?" 
"Sialan kamu. Hehehe udah lama nungguin?" 
"Lumayan.yaa kalau loe pengusaha lumut, mungkin loe bisa ngejual gue berjuta juta rupiah saking banyaknya lumut yang nempel di badan gue selama nungguin loe" 
"Hehe kamu tetep lebay kaya dulu deh ag" 
"Terimakasih pujiannya." 
"Sama-sama nona agni" 
Mereka tertawa bersama. 
"Jadi ,gimana bisa loe masuk universitas ini?" 

"Menurut kamu? Beasiswa? Ya ga mungkin kalau itu. Dikira kamu, ikut kelas akselerasi, dapet beasiswa sampe S2 disini. Huuu, jahat. Gak ajak ajak. Lulus duluan ninggalin kita kita" 
Agni nyengir. "Gue aja gak yakin waktu itu bisa ngelewatin kelas aksel dan unas lebih awal dari loe semua. Tapi ternyata gue bisa. Hehe sorry ya waktu itu gue jadi ga punya waktu buat sekedar ngumpul sama kalian semua. Sebenernya gue kangen banget masa masa kita maen kesana kemari lontang lantung ga jelas kaya orang ilang"
"Aku juga kangen kamu. Kita, lebih tepatnya. Kamu jadi sahabatan sama buku super tebel hampir setahun." 
Agni tertawa. "Lebay loe ah. Zahra sama shilla dimana?" 
"Aku denger sih zahra di aussie, ambil sastra inggris. Kalau shilla tetep di surabaya, ambil hukum " 
Agni mengangguk angguk mengerti. "Eh iya loe udah tau kalo rio..." 
"Iya, aku tau" jawab ify cepat ketika tau siapa yang agni maksud. 
"Terus? Gimana?" 
"Apanya yang gimana?" 
"Ya loe sama rio. Loe masih sayang?" 
Ify mengedikkan bahunya. "Aku juga ga tau. Sebenernya aku pindah ke bandung buat ngehindarin rio eh ternyata malah ketemu lagi disini" 
"Jodoh itu namanya fy" celetuk agni asal 
Ify menjitak kepala agni. Agni merengut. 
"Jangan asal kalo ngomong. Omongan adalah doa,lho ag. Dan aku gak mau jadi kenyataan" 
"Loh kenapa gak mau? Bukannya itu mimpi loe? Bisa bersatu dengan pangeran yang loe elu-elukan selama SMA? Come on, apa loe bakal nyia-nyiain kesempatan ini?" 
Ify memincingkan matanya. "Omonganmu persis kaya shilla, loh" 
"Berarti gue punya kemampuan bertelepati. Ah whatever, gue dukung loe sama rio, fy. Mungkin dengan gitu, loe bisa bikin rio berubah jadi rio yang dulu. Loe pasti ngerasa rio aneh, kan?" 
Ify mengangguk. "Gak ada lagi humor garing kak Rio, ag. Kadang aku kangen hehehe tapi aku sadar siapa aku. Ag, bukannya aku mau nyianyiain kesempatan ini. Buat apa aku terlena sama kebahagiaan sesaat. Aku gak yakin kak Rio bisa berubah hanya karena aku. Aku malah gak terlalu berharap kak Rio ngebales perasaanku..." 
"...dengan ngasih tau kak Rio kalo aku sayang dia, itu cukup. Ya menurutku,sih. Percuma juga kalau nanti dibales, tapi gak tulus. Atau cuma kasian sama aku. Atau bahkan yang lebih parah, aku di buat taruhan." 
"Rio gak sejahat itu fy" potong agni 
"Gak ada yang tau sifat seseorang, kan ag? Aku tau kamu udah kenal kak rio, karena satu fakultas, satu kelas lagi sama kak rio. Itu ngebuat kamu percaya diri kalau kamu udah kenal kak rio luar dalem. Iya, kan? Enggak, ag. Aku yakin kak rio masih nyembunyiin sesuatu. Gak semuanya kak rio ceritain ke kamu. Jadi kamu gak bisa menilai kalau kak rio bener-bener baik, dan gak punya niat gitu" 
"Loe kenapa deh jadi parno gini?" Agni memandang ify heran. 
Ify menggeleng. "Tiga tahun mengharap tanpa memperoleh hasil apa apa itu membuat ku belajar banyak banget ag. Sabar, ga egois, bahkan ngajarin aku buat bersikap dewasa dan mulai berfikir rasional. Realita itu emang kejam, tapi mau gak mau kita harus ngelewatinnya,kan? Dan aku gak yakin sama kesempatan yang kamu sebut itu. Gak tau, kenapa. Aku ngerasa lebih baik kaya gini aja. Diem-diem aja. Diluar aku bilang gak ada perasaan, didalem aku masih terus menyimpan perasaan itu. Rapat-rapat. Gak perlu diketauin orang lain,apalagi kak Rio sendiri. Aku cuma gak mau jatuh makin dalem di lubang yang sama, Ag." 
"Gue tau masud loe fy. Hmm gue emang gapernah ngerasain kaya gitu. Loe yang sabar aja ya.gue bakal slalu disisi loe buat mensupport loe. Apapun yang loe perbuat. Apapun yang loe putusin. Okey. " 
Ify mengangguk dan tersenyum lega, terlebih pada dirinya sendiri. Dia seperti sudah menemukan jawaban atas pertanyaan yang akhir-akhir ini mengganggu malam di tidurnya. 


$$$ 


Rio mencak-mencak sendiri. Ia sebenernya masih bingung dengan rencananya sendiri. Di bantu alvin, diapun menyusun rencana untuk kembali meluluhkan hati ify. 
Alvin bilang,mungkin ify terlalu shock. Dan rio harus memberikan ify ruang untuk berfikir minimal seminggu. Tapi keputusan alvin itu membuat rio harus menahan rindunya pada gadis berdagu tirus tsb. 
Hal yang bisa rio lakukan hanya mondar mandir di kelas ify. Mengintip sebentar. Atau malah dengan sengaja berpapasan dengan ify tanpa bicara apa-apa. Rio tau, tatapan ify yang terlihat adalah tatapan kebingungan. Mungkin dia berfikir, rio yang tertutup, bisa tiba tiba bicara seperti itu padanya, eh ujungujungnya kembali jadi rio yang tertutup. Yang sama sekali tidak meliriknya sedikitpun. 
Rio takut sebenarnya , bisa saja selama rio membiarkan ify sendiri, ify malah dekat dengan gabriel. Tapi, rio juga terlalu penakut untuk mendekati ify dan memulai serangan(?) Pedekate menggunakan jurus terjitu ala alvin. 
"Loe udah sms gabriel?" 
"Udah. Emang apaan sih pake sms begituan segala? Yang ada gabriel sama ify makin deket!" Gondok rio 
"Hey, kalau gabriel emang punya perasaan sama ify dia pasti jadi makin over protectif. Dan cewe mana sih yg suka dikekang? Itu malah bisa merusak image gabriel di mata ify. Kali aja, ify cuma anggep gabriel sahabat tapi gabrielnya yang kegeeran terus akhirnya ify ngejauh dari gabriel dgn alasan gamau persahabatanny rusak" 
"Cukup masuk akal juga sih" 
"Nah apa gue bilang. Serahin sama bang alvin!" 
Rio menepuk bahu alvin pelan. "Akan gue serahin semua ke loe.kalo loe bisa bantu gue dapetin ify" 
"Oke gue gaminta duit ke loe . ga minta loe jadi babu gue sebulan. Gue cuma minta,comblangin gue sama sivia ya? Cewek yg kemana mana selalu sama ify itu. Kayanya, dia manis deh. Gue jadi gemes." 
Rio menepuk jidat alvin. "Sejak kapan alvin yang terkenal tertutup ini bisa suka sama juniornya sendiri dengan ekspresi muka yang sama sekali bukan kaya alvin? Wah jangan jangan loe dipelet nih vin" 
"Semprul! Udah jgn banyak bacot. Gue cuma minta tolong loe comblangin sama tuh cewek. Gabisa? Yaudah gausah minta tol.." 
"Eh iya iya vin gue turutin" 
"Nah gitu dong baru mario ku" 
"Najeeesss!" 
Alvin tertawa terpingkal-pingkal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar