03 Februari 2013

(SEKUEL) Mengejar Abu-Abu, empat.

(SEKUEL) Mengejar Abu-Abu 
*** 
Empat, Kejelasan Perasaan. *** 


Sivia tergopoh-gopoh menunggu ojek langganannya. Sudah setengah 9, tapi mang Obiet(?) Belum juga dateng. Sivia mulai mendumel kesal. Moodnya yang baik-baik aja jadi hancur begitu tau lima belas menit lagi kelas nya akan dimulai. Tin.. Tin.. Sebuah cagiva putih melintas didepannya dan berhenti. Tin.. Tiin.. "Apaan sih" sebal sivia Tin.. Tin.. "Gue tuh gak ditengah jalan. Kenapa loe maenin klakson loe seenaknya gitu. Berisik tau gak!" Hardik sivia Dari balik helmnya, pemuda itu terkikik. 'Lucu juga kalo lagi kesel' "Mau sampe kapan loe nunggu sesuatu yang gak pasti gini" ujar pemuda itu. Sivia memincingkan matanya kesal. "Maksud loe?" "Ya loe kan abis ini ada kelas. Kenapa masih nunggu something or someone yang bisa bikin loe telat? Loe ada quiz kan hari ini?" "Tau dari mana loe? Loe stalker gue? Sering ikutin gue ya?" "Ya begitulah , nona sivia azizah" pemuda itupun turun dari motornya "Mau bareng gue gak? Pumpung masih ada 12 menit nih. Kalo lewat jalan pintas cuma 10 menit. Gimana?" Tawar alvin "Loe pergi dari sini deh" judes sivia "Gak sampe loe mau gue boncengin" "Loe tuh siapa sih! Pergi sana! Sampe hitungan ketiga, gue teriak copet nih!" "Eh jangan jangaaaaaan" alvin pun melepas helm fullfacenya. Sivia melongo tak percaya. "Kak alvin?" "Iya, gue. Alvin" "K..kok.." "Kok tau rumah loe? Gue kan udah bilang kalo gue stalker loe". Alvin tersenyum. Dalam hatinya dia terbahak bahak. 'Berterimakasih gue sama rio yang bela belain ngikutin sivia selama 2 hari hahah' Sivia tersipu. Pipinya memerah. 'Yes! Sivia salting' batin alvin senang. "Mau gue anter gak nih?" "Emang gapapa?" Alvin mengangguk. "Yuk" Sivia dengan ragu menerima uluran tangan alvin dan duduk diatas jok motor alvin. Alvin pun menstater motornya "Pegangan yang kenceng ya , sivia" "E..eh. I..iya.." Sivia melingkarkan tangannya di pinggang alvin. Alvin senyum senyum gak jelas dari balik helmnya. 
$$$ 

Rio mengerjapkan matanya sekali. Dua kali. Dan tersentak kaget melihat siapa yang ada di depannya. "Bangun woi bangun jangan kaya snow white ngebo melulu" ujarnya sambil menyeret selimut rio Rio mendengus kesal. "Kebiasaan banget sih loe! Ini masih jam 8 sedangkan gue kuliah jam 10! Loe tuh hobi banget menyita waktu istirahat gue" rio kembali menutup badannya dengan selimut. Pemuda di depannya itu tak tinggal diam. Ia menyibak selimut rio hingga tampak rio yang hanya memakai boxer dan kaus dalam *brb bayangin wkwkwk* "CAKKA!!!!" Pekik rio makin kesal. " Ck. Dasar. Biasain napa bangun pagi. Gue udah balik dari jerman nih. Masa loe nyambut gue kaya gini caranya. Tau gini gue gak bakal pulang deh" "Yaudah balik lagi aja sono. Hidup gue juga tetep kaya gini walopun gaada loe. Sana loe hush hush!" "Yaelah yo loe jahat banget sama sepupu loe sendiri. Tega loe yo ngusir gue. Tega loe. Tegaaaaaa!!!!!" Teriak pemudia berkulit putih dan chubby yang tak lain adalah sepupu Rio. Cakka. "Heh apaan si..." Alvin menghentikan omongannya ketika melihat sosok cakka. "CAKKA MAMEEEEN balik kapan dari jerman oleh oleh mana gue nungguin loe balik tau ga sih lama amat di jerman gue kangen banget nget nget" ujarnya tanpa titik dan koma "Ciyus enelan mi apa?" "Ciyus enelan mi kamuuu" Rio geleng-geleng, kedua orang ini membuat matanya tidak bisa terpejam. Dan rio juga mengakui, dua manusia aneh didepannya. Yang satu suka tebar pesona kesana kemari, yang satu lagi sok cool dan sok misterius. Tapi dibelakang semua itu, kedua sosok tersebut sangat bertolak belakang dengan sikapnya didepan anak-anak kampus. Jika di satukan, mereka berdua berisik banget. Sama-sama gak punya malu. Sama-sama kekanak-kanakan. Sama-sama cengengesan. Entahlah kenapa mereka menyembunyikan jati diri mereka yang asli. Rio pun akhirnya menerima nasib tidak bisa melanjutkan tidurnya karena kedua sahabatnya itu. 
$$$ 

Sudah hampir satu setengah bulan, keterdiaman rio membuat ify yakin kalau malam itu rio benar-benar sedang tidak dalam kesadaran. Ify mendengus. 'Yaudah! Gak usah bikin orang geer dan kembali berharap ke situ, dong!' Batinnya pahit. 'Jangan suka ngasih harapan bisa kali. Aku kira bener-bener pengen buka hati buat aku. Aku kira kata-katamu yang bilang punya perasaan yang sama kaya aku itu beneran! Ternyata kamu cuma php! Bikin berharap! Gak pernah kasih kepastian! Aku benciiiiii sama kamu!' "Kenapa tuh mulut monyong monyong gitu fy?" Tegur sivia dan agni yang duduk didepannya. "Gak, kok. Hehehehe" cengir ify. "Loe nyadar gak sih kalo kelakuan loe ini bisa disebut gila?" "terimakasih, dan kalian adalah dua sahabat -nya orang gila tersebut" Agni dan sivia saling berpandangan. Geleng geleng sendiri dengan tingkah ify yang sedikit emosional dan sering melamun akhir akhir ini. Sejak pertemuan ify dengan agni yg pertama,sivia yang awalnya cuma diajak ify bergabung lama lama mulai nyaman. Dan jadilah mereka tiga sahabat dengan tiga kepribadian yg bertolak belakang. "Loe ada masalah ya fy?" "enggak tuh siv" "Cerita aja, gapapa kok. Kalo kita bisa bantu ya kita bakalan bantu" Ify menggeleng keras. "Aku gak papa, ag, siv. Gak perlu khawatir. Aku bener bener gak papa" tandasnya Agni dan sivia hanya mengangguk angguk. Mereka tau, ada yang tidak beres dengan sahabat nya yg 1 itu. 
$$$ 
Shilla sedang memainkan gitarnya sambil mencoret coret sesuatu di buku kesayangannya. Shilla yang punya hobi bernyanyi sambil bermain gitar lagi tekun-tekunnya mencoba membuat lagu. Dan tinggal beberapa lirik lagi, nada-nada itu akan jadi sebuah lagi. Lagu pertama ciptaan Ashilla zahrantiara. "Yeyyyy selesaaai! Lagu pertama ashilla! Wah aku harus kasih tau kak iel sama ify nih!" Ujar shilla senang. Tak lama kemudian ia mendial nomor gabriel yang sering ditelfonnya. Tut.. Tut.. "Hallo, shill?" "Kak! Lagu pertamaku udah jadi!" "Ohya? Beneran shill?" "Iya kak" "Coba nyanyiin. Ehm, skype an aja ya. Biar sekalian bisa ngeliat kamu maen gitarnya udah sehebat apa" "Pengen ngeliat tehnik maen gitarku atau pengen ngeliat aku hayooo" goda shilla. Sejujurnya ia hanya bercanda tapi ia sendiri merasakan jantungnya yang berdebar debar. "Dua duanya sih hehe kakak matiin ya. Cepet dial kakak lewat skype. Byee" "Byee" Telfon dimatikan. Shilla pun membuka aplikasi skype pada laptopnya yang memang sudah menyala daritadi. Ia segera mendial ID milik gabriel. Lalu munculah sosok cowok berkacamata yang mengenakan hem berwarna putih dan background kamarnya yg juga putih. "Ayo kakak gak sabar nih pengen dengerin" "Eh..i..iya kak" gugup shilla. Jantungnya jadi duakali lebih berdebar ketika melihat senyum gabriel dilayar laptopnya tsb. Shilla mulai mengambil gitar dan fokus dengan dentingan dentingan halus yang mulai ia petik. 
"Bieb, tau gak sih tiap malam aku memikirkanmu Jadi pacarmu hal yg paling indah dalam hidupku Bieb tau gak sih tiap malam aku merindukanmu Rasa cintamu slalu jadi tanya dalam hatiku Jangan cintai aku seperti bintang Yang hanya bersinar dimalam hari Cintai aku seperti sungai Mengalir untuk selamanya Jangan cintai aku seperti bunga Yang berhenti mekar kala musim berganti Cintai aku seperti udara Membuatku hidup selamanya Bieb tau gak sih tiap malam aku memikirkanmu Jadi pacarmu hal yang paling indah dalam hidupku Bieb tau gak sih tidurku tak pernah nyenyak karnamu Rasa cintku ingin slalu ku buktikan padamu Karna cintaku takkan seperti bintang Yang hanya bersinar dimalam hari Karna cintaku seperti sungai Mengalir untuk selamanya Karna cintaku takkan aku seperti bunga Yang berhenti mekar kala musim berganti Karna cintaku seperti udara Membuatku hidup selamanya" (Ashilla Zee - bieb) 
Shilla menyudahi permainan gitar serta suara merdunya. Gabriel bertepuk tangan puas. "Sumpah keren banget." "Makasih, kak" ujar shilla tersipu Gabriel pun menaatap shilla menyelidik. "Kamu lagi jatuh cinta ya?" Mata shilla membulat. Gabriel tertawa. "Wah adek kakak udah jatuh cinta nih. Hmm, jatuh cinta sama siapa, shill?" "Kak iel apaan deh. Orang gak jatuh cinta kok." "Halah, gak usah bohong. Ngaku aja deh kamu. Kamu tuh gak ada bakat boong" "Hehehe sama siapa yaaa" "Yee pelit! Yaudah kakak matiin nih skypenya". Rajuk gabriel "Yah jangan kak " "Makanya ngaku dong sama kakak. Kamu lagi jatuh cinta sama siapa?" Shilla menghembuskan nafas berat. Takut. Ia takut kehilangan sosok di layarnya ini. Tapi sampai kapan dia memendam perasaannya ini sendiri? "Kakak kenal banget" "Hah? Siapa?" Shilla tersenyum. Nyalinya menciut. Tapi dia harus tetap melakukannya. Bagaimanapun konsekuensinya. "Shilla jatuh cinta sama kakak kelas shilla. Dia perhatian banget sama shilla. Shilla merasa beruntung pernah deket sama dia. Jadi bagian dari hidupnya. Walaupun cuma sebatas sahabat, atau kakak-adek" "Yaelah pake ngedongeng kakak penasaran nih" "Diem dulu deh kak! Shilla mau cerita" "Oke. Oke. Lanjut" "Awalnya shilla gak punya perasaan apa-apa. Tapi makin lama,shilla ngerasa perasaan itu ada,semakin nyata. Saat shilla lagi berdua sama dia. Saat dia tersenyum ke shilla. Saat dia tertawa. Saat dia diam pun, dalam radius kurang dari 100 meter,hati shilla selalu berdebar gak karuan saat ngeliat orang itu." "Dan shilla takut setelah ngungkapin perasaan ini, orang itu menjauh. Kalaupun orang itu gak punya perasaan sama shilla,shilla gapapa kok. Tapi shilla cuma gak pengen persahabatan shilla sama dia berantakan karena pengakuan konyol shilla." "Lalu? Siapa orang yang kamu maksud?" Dengan berat hati, dan menghela napas, shilla berkata lirih. Nyaris berbisik. "Orang itu.. Kamu, kak iel. Gabriel stevent damanik" Gabriel membelalakkan matanya sambil melongo. "Shill.. Kamu.." Shilla mengangguk. "Kakak gak perlu jawab karena shilla gak minta jawaban apa-apa ke kakak. Shilla.." "Maaf ya shill.." Sesal gabriel. Setetes air mata jatuh melintasi pipi shilla. "Gak perlu bilang maaf, karena shilla udah tau jawabannya." "Maaf shill. Maafin kakak" "Udah ya kak shilla matiin, bye kak ..." "Shill! Maafin kakak karena kakak juga punya perasaan yang sama kaya kamu" Kini, gantian shilla yang melongo tak percaya. 
$$$ 

Ify menutup pintunya keras-keras. Ia merasakan penat yang amat sangat mengganggunya akhir-akhir ini. Dan semuanya karena Rio! Rio yang sangat ia cintai. Rio yang meninggalkannya. Rio yang seenaknya kembali dan ngasih harapan ke dia. Rio yang kembali menghilang. Dan rio yang selalu membuat luka di hati ify makin perih. "AKU BENCI KAMU KAK RIOOO!!!!!! AAARRRGGGHHHHH" teriaknya di ruang tamu. Rumah bunda ify hari ini kosong karena sang supir dan bunda sedang ada diluar kota. Ify pun mengacak-acak rambutnya frustasi. Ting tong.. Ting tong.. "Siapa sih ? Gak tau aku lagi kesel apa." Sungut ify. Ting tong.. "Yaelah gasabaran banget. Iya bentar!!" Teriak ify dari dalam rumah. Ify membuka pintu rumahnya dan mendapati sosok yang membuatnya kesal akhir-akhir ini. "Fy loe kenapa? Loe kok teriak-teriak gitu? Ada maling? Rampok?" Tanyanya khawatir "Saya gak apa apa, kak" ketus ify "Tapi kok teriak-teriak? Gue denger nama gue loe teriakin. Ada apa?" "Kakak nguping? Ngendap-ngendap didalem rumah saya? Mau saya laporin satpam?" Rio sukses melongo dengan kata-kata ify. Dia tau,masuk rumah orang tanpa izin itu salah. Salah ify,sih pake acara teriak-teriak segala. Rio kan jadi panik, dan nyelonong masuk rumah ify gitu aja. Lagian, ify kok bisa sih teriak teriak sekeras itu? Rio geleng geleng. "Jangan dong, gue kan cuma gak sengaja denger. Lagian nih ya,suara loe kedengeran banget dari luar. Loe gak mau kan tetangga lain denger teriakan loe?" "Saya harap kakak mau pergi dari rumah saya" tandas ify. Rio tersenyum, maklum. "Maaf, fy" "Sudah saya maafkan, sekarang tol.." Rio memeluk ify. Lagi. "Bisakah gue milikin hati loe kaya dulu? Bisakah cuma gue yang ngisi hati loe kaya dulu? Dan bisakah gue memperbaiki semuanya? Dari awal..." "Mabok lagi ya kak? Kenapa ngomong kaya gitu lagi?" Ify terkekeh tanpa selera. "Maksud kamu?" "Ya kakak. Kakak lagi mabok? Sama kaya malem itu? Kok ngomongnya itu itu lagi" "Gue gak lagi mabok fy" "Kalo gak lagi mabok,kenapa ngasih saya harapan dan seenaknya menghilang lagi? Terus tau tau sekarang dateng lagi. Mau kakak itu apa?" "Fy kemaren itu gue cuma mau ngasih waktu aja ke loe. Gue tau loe pasti shock sama pengakuan gue. Jadi gue kasih waktu loe buat mikir" "Tapi apa harus pura-pura gak ngeliat? saya sempet frustasi, lho. Mikirin perkataan kakak dengan sungguh-sungguh. Saya kan udah nungguin kakak 3 tahun. Sekarang kakak suruh saya nunggu kakak lagi. Apa kurang kesabaran saya buat nunggu kakak selama tiga tahun? Kurang, kak?!!" Rio terdiam mematung. Pelukannya melonggar. Rasa bersalahnya mulai berdenyut-denyut di ulu hatinya. Ify melepaskan pelukan rio ketika ada kesempatan. Lalu tiba-tiba mengambil sebuah kardus dibawah rak sepatu. "Nih! Ini buktinya saya tiga tahun nungguin kakak. Sekarang, kakak pergi dari sini. Dan jangan pernah masuk rumah orang tanpa izin. Selamat sore" Ify mendorong tubuh rio yang sama sekali belum bereaksi. Pintu ditutup dengan kencang, rio baru tersadar. Ditatapnya sebuah kardus kecil ditangannya kali ini. Menyesali kebodohan yang ia buat seumur hidupnya. 
$$$ 



'Seperti putri duyung di dongeng itu, kelak aku akan menjadi buih dan membawa mati semua rahasia hatiku. Sebut saja aku pesimis, tapi sudah terlalu lama aku menunggu saat yang tepat untuk kebenaran itu.' 
'Aku kalah bahkan jauh sebelum mulai angkat senjata. Kau ada di hidupku tapi bukan untuk ku miliki. Kerjap mata indahmu hanya untuk dia dan selamanya itu tak akan berubah. Meski begitu, kenapa aku tidak berusaha berbalik dan mencari jalan keluar dari bayang-bayang dirimu?' 'Jika suatu hari kau menyadari perasaanku ini,ku mohon jangan menyalahkan dirimu. Mungkin memang sudah begini takdir rasaku. Cintaku padamu tak akan pernah melambung kelangit ketujuh. Aku hanya akan membiarkan buih buih kesedihanku menyaru bersama deburan ombak laut itu. Karena inilah pengorbanan terakhirku ,membiarkanmu bahagia tanpa diriku' 

(Quote from Seandainya, Windhy Puspitadewi) Rio mengamati lekat-lekat surat tersebut. Sedetik kemudian, bermacam macam perasaan keluar dari dalam hatinya. Sedih, marah, kecewa, bersalah.... Tak terasa sebulir air mata jatuh. Untuk kali pertama, Rio mengeluarkan air matanya untuk gadis yang mampu mengalihkan perhatiannya hampir tiga tahun ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar